Menikah merupakan suatu hal yang di di idamkan setiap pasangan. Menikah di usia muda juga menjadi yang di impikan. Namun, untuk menuju ke jenjang selanjutnya butuh persiapan yang matang, tidak hanya mendapatkan restu dari orang tua tetapi juga harus siap dalam materi.  Couples harus memikirkan biaya penikahan dan biaya untuk kehidupan setelah menikah, karena setelah menikah Couples akan menjalani kehidupan secara mandiri. Dengan ini, kedewasaan serta kesiapanmu untuk memasuki hidup baru sendiri benar-benar tidak diragukan lagi.

Apakah Couples sudah mapan bekerja dan ingin mempersiapkan pernikahan Couples secara sempurna dan mandiri? Yuk, simak tips cara menghemat uang untuk biaya pernikahan!

  1. Hidup kalian harus di ibaratkan sebagai Anak Panah

Dimaksudkan anak panah ini ialah hidup kalian harus terarah dan tepat pada sasaran. Couples  harus tahu seberapa banyak dan untuk apa mengumpulkan uang. Sebelum mulai menabung, Couples harus bisa tentukan target yang jelas agar tabunganmu menjadi lebih jelas dan terarah. Misal nya, Couples target menabung untuk biaya pernikahan selama 2 tahun dan menabungkan uang tersebut di bank yang tidak bisa di tarik dalam jangka waktu tertentu. Maka dengan ini tabunganmu tidak bisa di otak-atik dan Couples akan termotivasi untuk menyisihkan uang gaji tiap bulanya.

 

  1. Membuat rekening bersama pasangan dan sisihkan 50% gaji tiap bulannya

Setelah sudah membuat target yang jelas seperti yang di katakan sebelumnya, Couples bisa mulai membuat rekening bersama untuk program menabung pernikahan dan masa depan. Couples bisa menyisihkan setengah dari pendapatan bulanan kalian untuk di tabung di rekening bersama ini.

Misalnya, pendapatan kalian perbulan nya masing-masing Rp 3.500.000

Jumlah total tabungan kalian 50% X 3.500.000 = Rp 1.750.000 X 2 orang = Rp 3.500.000 / bulan

Dalam 1 tahun : Rp 3.500.000 X 12 = Rp 42.000.0000

Dalam 2 tahun : Rp 3.500.000 x 24 = Rp 84.000.000

 

  1. Berinvestasi Emas

Banyak cara yang bisa Couples lakukan untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah selain dengan cara menabung. Couples bisa berinvestasikan emas untuk masa depan karena harga emas cenderung stabil. Jika Couples memiliki uang lebih atau uang di luar pendapatan tetap maka bisa dengan cara berinvestasi emas ini.

Couples  bisa membeli emas sedikit demi sedikit setiap bulan nya. Investasi kecil-kecilan ini akan sangat berguna sebagai modal untuk masa depan atau bisa dana cadangan ketika kekurangan biaya untuk pernikahan.

 

  1. Berhematlah dalam kencan

Jika Couple lagi masa menabung untuk biaya pernikahan maka kurangi frekuensi kencan mahal bersama pasangan. Cara nya, Couples bisa membuat acara kencan  sendiri di rumah dengan menonton film bersama, memasak bersama, atau kegiatan lainnya. Tidak hanya hemat, anggaran kencan mahalmu bisa di masukkan ke dalam toples atau celengan bersama untuk di tabung sebagai bekal biaya souvenir pernikahan, undangan pernikahan untuk acara pernikahanmu 2 tahun mendatang.

Rencana penghematan selama 2 tahun

Anggaran kencan perbulan : Rp 350.000 X 24 bulan = Rp 8.400.000

Souvenir pernikahan : ( Rp 5.000/pcs  X 1.000 tamu = Rp 5.000.000)

Undangan pernikahan : ( Rp 3.400/pcs X 1000 tamu = Rp 3.400.000)

Total biaya : Rp 8.400.000

 

  1. Hentikan tradisi tukar kado anniversary dan ulang tahun

Selain mengurangi kebiasaan kencan mahal, Couples juga bisa mengganti tradisi membeli kado untuk perayaan hari jadi maupun ulang tahun kalian. Couples bisa mentransfer uang ke dalam rekening bersama tiap kali merayakan hari jadi maupun hari ulang tahun. Tidak hanya lebih hemat, tetapi tentu saja hal ini lebih bermanfaat karena pundi-pundi rupiah kalian semakin banyak demi acara pernikahan kalian 2 tahun mendatang.

Rencana untuk 2 tahun :

Biaya kado Rp 200.000 x 2 kali anniversary x 4 kali ulang tahun kalian = Rp 1.600.000

 

  1. Catat segala pemasukan dan pengeluaran

Setelah menetapkan target dan menabung serta berinvestasi, Couples juga harus mulai mengatur pemasukan dan pengeluaran kalian. Catat segala pendapatan serta pengeluaran kalian dalam sebulan supaya pengelolaan uang lebih rapi dan uang kalian tidak terbuang percuma. Anggap saja Couples sedang latihan membina rumah tangga.

 

 

Jika Couples sudah niat dan sudah memiliki perencanaan yang matang maka semua akan berjalan dengan baik dan lancar. Jadi Couples bisa membiayai sendiri di hari bahagia Couples tanpa membebankan orang tua. Selamat mencoba tips di atas ya para Couples yang berbahagia!