Halo para calon pengantin, sudah sampai mana persiapan kalian untuk melangsungkan resepsi pernikahan? Semoga selalu lancar ya. Untuk kalian para calon pengantin juga harus mempersiapkan tenaga extra yang cukup dalam melangsungkan pernikahan nanti. Apalagi dengan adanya segudang rangkaian kegiatan yang diadakan dari sebelum resepsi hingga setelah resepsi pernikahan.
Nah, kali ini www.165weddingexpo.com akan sedikit membahas beberapa perbedaan segala kegiatan yang berkaitan dengan acara resepsi pernikahan. Baik itu semenjak jaman dahulu dan apasih yang berubah di jaman sekarang yang semakin modern d an penuh dengan inspiratif ini. Tidak usah berlama – lama lagi, berikut perbedaan atau perubahan yang terjadi dalam kegiatan pra – nikah hingga setelah menikah dari jaman dahulu dan sekarang.

1. Pre – wedding

Di jaman sekarang yang semakin canggih tentu ada kaitan antara dunia photography dan pernikahan, coba bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika tidak ada yg namanya foto, tentu moment yang indah ini tidak dapat di abadikan tentunya. Namun bukan itu yang akan kami bahas, pada jaman dahulu belum ada bahkan belum mengenal istilah pre – wedding, yang ada pada jaman dahulu pemotretan hanya dilakukan ketika resepsi pernikahan saja. Sedangkan karena semakin berkembangnya ide kreatif pada jaman sekarang terciptalah pre – wedding sebagai bentuk perkembangan di bidang photography khususnya bagi bidang wedding.

 

2. Keluarga & Wedding Organizer

Pernikahan merupakan sebuah moment sakral yang sangat penting bagi kehidupan setiap manusia. Karena begitu pentingnya sebuah pernikahan membuat seluruh element turut ikut andil dalam membantu keberlangsungan acara pernikahan tersebut. Tentu saja keluarga menjadi yang terdepan dalam hal menyusun segala sesuatunya. Itu dulu….sekarang tentu berbeda, dengan adanya Wedding Organizer yang memang professional di bidang ini, dengan segala persiapan dan profesionalisme yang tinggi dapat memudahkan calon pengantin dan keluarga dalam mengurus maupun merencanakan pernikahan yang tak akan terlupakan bagi pihak calon pengantin dan keluarga. Tidak usah repot – repot lagi kan ? hehe…

 

3. Pingit & bridal shower

Pingitan? Waw nampaknya kata – kata ini selalu jadi momok yang menakutkan bagi para mempelai wanita ya, bagaimana tidak, dengan adanya pingitan pada jaman dulu membuat mempelai wanita jadi mati gaya menjelang acara pernikahannya. Mengharuskan sang mempelai berdiam diri di rumah tanpa diizinkan keluar rumah walaupun hanya sebentar. Tapi tenang, kini ada yang namanya Bridal Shower, karena perkembangan jaman dan masyarakatnya yang semakin modern, memungkinkan memiliki pola fikir yang dapat merubah mindset pingitan itu sendiri sehingga terciptalah acara bridal shower yang membuat mempelai wanita bisa dengan leluasa berkumpul bersama para kerabat dan sahabat sebagai bentuk melepas masa lajang mereka yang sebentar lagi akan berganti status. Seru bukan?

 

4. Pengipas & Bridesmaid

Peranan para pengipas tidak kalah penting dalam acara pernikahan, bagaimana tidak, para pengipas menjadi sosok utama yang terlihat disamping mempelai dan bahkan mengipaskan kipasnya pada mempelai agar tidak kegerahan. Tak terelakkan kipas pun sering patah dan lain sebagainya. Tapi……kini ada Bridesmaid, peranannya sih sama dengan pengipas, namun pada jaman sekarang ini bridesmaid merupakan sosok yang berpenampilan elegan dan sangat menarik tanpa harus adanya kipas dan hanya menemani sang mempelai saja.

 

5. Tempat Pernikahan

Lokasi maupun tempat dimana resepsi pernikahan akan digelar merupakan salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, tak ayal para kalangan di jaman sekarang berlomba – lomba mengadakan resepsi pernikahan yang begitu megah dan mempesona. Dulu lokasi acara pernikahan yang paling sering dipilih yaitu tempat ibadah dan gedung. Pemilihan lokasi tersebut bisa dikarenakan adanya hubungan erat masyarakat kita dengan budaya yang selalu melekat erat sehingga kurang rasanya jika tidak mengadakan resepsi di tempat ibadah dan gedung. Namun kini telah berunbah, lokasi yang paling diminati tak hanya gedung saja di jaman sekarang ini melainkan di alam terbuka yang menghadirkan sensai yang tidak terlupakan bagi para mempelai. Dengan segudang ide kreatif nan inovatif di jaman sekarang ini membuat alam terbuka seperti garden, ladang terbuka maupun pantai menjadi lokasi ideal bagi berlangsungnya acara pernikahan.

 

6. Siraman & Baby Shower

Sekarang kita akan membahas kegiatan setelah pernikahan, ya betul sekali, siraman. Tentu semua sudah tahu apa itu arti dan makna dari siraman. Acara siraman merupakan acara yang wajib dilaksanakan khususnya bagia adat sunda dan jawa. Tentu acara ini terbentu karena kelekatan masyarakat kita dengan budaya daerah masing masing ya. Kini Siraman mulai pudar oleh perkembangan zaman dan perlahan digantikan dengan Baby Shower. Acara Baby Shower ini menjadi favorit belakangan ini, sorang ibu mengandung bayi yang kan segera lahir dan diadakanlah acara Baby Shower ini. Tujuan tetap sama dengan siraman yakni turut mendoakan si Ibu dan bayi dengan doa yang tentu khusus ya. Namun untuk Baby Shower tak cukup hanya mendoakan saja namun sang ibu yang mengandung diberikan hadiah yang begitu banyak macamnya sebagai bentuk menyambut kelahiran sang buah hati yang sangat di tunggu – tunggu.

Nah itu beberapa perubahan yang terjadi pada kegiatan pra – pernikahan hingga setelah pernihanan baik pada jaman dulu maupun jaman sekarang. Terlepas dari itu semua, segala bentuk kegiatan apapun yang akan dilalui oleh para calon pengantin, hendaknya jangan secara keseluruhan menghilangan adat budaya yang sudah turun temurun diwariskan kepada kita. Jagalah warisan tersebut dan seimbangkan dengan perkembangan jaman yang semakin maju ini. So…..Kalian lebih suka yang mana dalam kegiatan pra – pernikahan hingga setelah pernikahan?